Saturday, June 6, 2015

Laporan Bakti Sosial

Nama : Lia Melia
NIM : 1801416845
Tanggal pelaksanaan : Kamis, 4 Juni 2015

Kelompok saya bersepakat untuk melakukan pembagian makanan berupa nasi bungkus dan sebotol air kepada pekerja jalanan di sekitar Alam Sutera, sebagai kegiatan bakti sosial kami. Dengan jadwal kuliah kami yang padat dan dana yang pas-pasan, kami merasa kegiatan inilah yang paling cocok untuk kita lakukan. Sekalian juga mengapresiasi kerja keras mereka dan kerelaan mereka untuk mengerjakan hal-hal yang kita tidak mau lakukan. Ditambah lagi terkadang hal-hal kecil yang mereka lakukan seperti membersihkan jalanan dan memungut sampah tidak dihargai, walaupun hal-hal tersebut merupakan beberapa faktor yang membuat hidup kita nyaman dan lingkungan terjaga dan bersih.

mereka rela untuk terjemur sinar matahari terik, diterjang hembusan debu dan asap, dan lainnya demi mendapatkan nafkah untuk keluarga mereka. Dengan memberikan sebungkus nasi, mungkin mereka akan merasa sedikit ringan, setidaknya sudah mempunyai bekal makan siang atau malam.

pada awalnya, saya dengan kelompok saya ingin sekalian memberi makanan juga kepada pengemis pinggir jalan, tetapi ketika ditawarkan kepada salah satu pengemis, ia menolak dan segera pergi menjauhi kita. Mungkin mereka memiliki harga diri yang tinggi? hanya ingin menerima uang? atau kalangan pengemis memang memiliki aturan tersendiri? kami merasa kecewa atas penolakan tersebut, tetapi setidaknya dengan hal ini membuka kesempatan untuk pekerja jalanan lainnya untuk mendapatkan makanan gratis.


No comments:

Post a Comment